Perjalanan Waktu : Penemuan Masa Lalu

TAHUKAH KALIAN ?
Halo sob....Bagi kalian yang merasa pernah gunakan korek api, entah itu untuk memasak, main petasan, nyalain rokok...atau bahkan bakar sampah. Wajib tahu sekilas sejarah penemuan nya, yang ternyata secara tidak sengaja. 

Image result for korek api
http://www.bacaanpopuler.com/2016/03/10-manfaat-batang-korek-api-bagi-orang.html

Pada tahun 1826, JOhn Walker, ahli kimia inggris, menyatakan bahwa gesekan dapat menyebabkan terjadinya reaksi kimia. Ia mencampur kalium karbonat dan antimoni (sebuah logam) bersama-sama. Lalu, menggoreskan sepotong kayu kecil untuk mengambil segumpal campuran kalium karbonat dan antimoni yang jatuh ke lantai. Mengejutkan, kayu dapat menyala. Peristiwa ini menjadi awal ditemukannya korek api. Lalu antimoni digantikan oleh fosfor. Tetapi, fosfor sangat berbahaya karena dapat meracuni pembuatnya. Pakaian yang dikenakan pada pembuat korek api juga dapat terbakar karena terbuat dari campuran bahan kimia yang mudah terbakar. Korek api yang lebih aman ditemukan pada tahun 1844. Korek api ini mengandung kalium klorat dan strip yaang mengandung fosfor pada sisi kotak. korek api akan mengeluarkan api jika digesekkan pada sisi kotak.

Seperti itu sekilas penemuan nya...dan bagi kalian yang bukan latar belakang kimia jangan pusing dengan penjelasan di atas, karena sangat sederhana, untuk bahan-bahan yang disebutkan anggap saja kalian kenal. Apalagi sekarang zaman sudah serba canggih, tinggal berslancar di om google semua akan tampak.
Keep Spirit....Berbagi Walau Satu Ayat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tumbuhan Khas Bima

AIR MATA DI ATAS SAJADAH

TRADISI BERLADANG MASYARAKAT BIMA

Kupu-Kupu Malam Penggorok Dari Gunung tambora

Sepenggal Kisah di Rato

Surga yang Merana

KIMIAWAN HEBAT : Al-Razi (Ilmuan Islam)

Racun yang Tak Disadari

Ini Cerita Kita